asian palm civet
Hewan Mamalia

Musang Pandan Hewan Yang Wangi

Posted On Agustus 21, 2018 at 7:02 pm by / No Comments

Di indonesia musang pandan biasanya disebut dengan musang luwak, sedangkan di Malaysia dikenal sebagai musang pulut. Hewan ini juga dipanggil dengan berbagai sebutan lain seperti musang, careuh bulan, luak atau luwak, serta common palm civet, common musang, house musang atau toddy cat dalam bahasa Inggris. Apapun sebutannya, musang luwak adalah hewan menyusui yang termasuk suku musang dan garangan. Nama ilmiahnya adalah Paradoxurus hermaphroditus.  Pada artikel sebelumnya sebenarnya sudah dijelaskan tentang musang, jika sahabat yopetoys ingin mengetahui tentang musang, bisa klik di sini.

Anatomi tubuh Musang Pandan atau Luwak Pandan

Musang pandan memiliki postur tubuh yang berukuran sedang kisaran sekitar 90 cm termasuk ekornya, dengan panjang ekor sekitar 40 cm atau kurang. Bagian sisi atas tubuhnya abu-abu kecoklatan, dengan variasi dari warna tengguli (coklat merah tua) sampai kehijauan. Sedangkan jalur di punggung lebih gelap, biasanya berupa tiga atau lima garis gelap yang tidak begitu jelas dan terputus-putus atau membentuk deretan bintik-bintik besar.

Bagian samping dan bagian perut lebih pucat. Terdapat beberapa bintik samar di sebelah tubuhnya. Wajah, kaki dan ekor coklat gelap sampai hitam. Dahi dan sisi samping wajah hingga di bawah telinga berwarna keputih-putihan, seperti beruban. Satu garis hitam samar-samar lewat di tengah dahi, dari arah hidung ke atas kepala.

Musang Pandan Berbau Pandan

Musang pandan dewasa akan mengeluarkan bau seperti pandan pada saat dia sudah berumur dewasa. Kenapa demikian?? Pasti pembaca penasaran kenapa musang pandan bisa mengeluarkan bau wangi kan?

Pada saat musim kawin, musang jantan dewasa akan birahi dan mengeluarkan bau wangi seperti bau pandan. Hal tersebut bertujuan untuk memikat musang pandan betina. Bau pandan tersebut berasal dari kelenjar yang terletak pada bagian bawah ekor. hal tersebut tidak berlaku untuk musang pandan betina. Musang pandan betina tidak mengeluarkan bau wangi seperti musang pandan jantan. Musang pandan jantan dan betina, ketika mereka sedang birahi akan menjadi lebih agresif atau bisa lebih buas. Oya, musang pandan betina memiliki tiga pasang puting susu.

Warna bulu muspan berbeda tiap daerah

Musang pandan atau yang biasanya dipangil musang pandan ternyata memiliki warna yang berbeda-beda tergantung daerahnya. Di Indonesia sendiri musang pandan sangat banyak jenisnya berdasarkan lokaliti atau daerah lokalnya. Mau tau apa aja? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa klik jenis musang pandan di indonesia .

Nah… jadi sahabat yopetoys udah tahu kan musang pandan itu seperti apa dengan mengetahui anatomi tubuhnya. Selain itu kenapa disebut musang pandan tentu saja karna baunya yang seperti pandan ketika sudah dewasa, khususnya yang jantan. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca dan menyayangi musang pandannya.

Share ke teman yuk... 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial

Follow, Like & Share ke teman kalian yuk... :)

Join Member Yopetoys sekarang juga dan Kumpulkan Poin Belanjanya ! Tutup

error: Content is protected !!